Stulap-1st day

Hari pertama kunjungan industri Jabar-Jabar dimulai ke PT.EJIP (East Jakarta Industrial Park), di Cikarang. Singkat cerita, kita berkunjung ke Departement Water Treatment Plan. Di sini tempat pengolahan air, baik air untuk industri ataupun pengolahan air limbah.

Berhubung belum lama ini baru aja belajar Analisis Lingkungan tentang penjernihan air, kita bisa langsung menuju lapangannya deh, ngeliat langsung prosesnya. Tiap grup diajak keliling-keliling. Mulai dari ruangan labnya, control roomnya, unit pengolahan air limbah dan air baku.

Kawasan EJIP itu luasnya sekitar 320 ha dan ada banyak banget pabrik yang berdiri di kawasa EJIP ini. Grup saya pertama kali diajak ke laboratoriumnya. Di lab tentu aja ada banyak peralatan yang menunjang analisis dan penyimpanan contoh.

Abis itu, kita diajak ngeliat alat Jar Test, langsung deh dibawa ke tempat pengolah air baku. Yang bisa nampung 18.000 m3 air. Kita bisa liat air baku yang diolah, mulai dari air yang tadinya berwarna coklat kemudian diolah sampai jadi air jernih untuk didistribusikan ke semua pabrik yang ada di kawasan EJIP (btw, unit ini bagian kunjungan yang paling saya suka loh..hhhe).

Secara teori untuk pengolahan air baku itu kan diawali dengan uji Jar Test di laboratorium. Singkatnya dengan uji Jar Test ini kita bisa tau berapa banyak koagulan yang diperlukan untuk menjernihkan air, setelah melalui Jar Test tadi, kita bisa tau berapa banyak koagulan yang bisa kita tambahkan untuk mejernihkan ratusan kubik air baku.

Nah, di sini kita bisa ngeliat proses pengolahan air. Mulai dari penambahan bahan koagulan, proses pengendapan air dari yang tadinya warna coklat jadi jernih, sand filter, dan semua proses penjernihan air di kawasan ini. Tentu aja banyak gambaran yang bisa diliat di sini. Teori yang dipelajarin di kelas dan waktu ngeliat langsung ke lapangan terasa lebih nggak berat di otak. Hehhe.

Then, kita pergi ke pengolahan air Limbah.Tempat dimana semua sumber limbah (baik domestik ataupun limbah pabrik ditampung). Bauuuunya luar biasa (maklumlah limbah). Di sini kita bisa liat air limbah yang udah berwarna hijau dan baunya busuk. Saat dipenampungan, di sini juga dilakukan aerasi. Fungsinya untuk meingkatkan DO (Dissolved Oxygen). Nggak kelewatan, kita juga ngeliat langsung proses pengolahan air limbah dengan lumpur aktif dan ada aerasi juga. Kedalaman tempat penampung sekitar 4 meteran, ngeliat juga proses settling down ratusan kubik air limbah yang udah diolah.

Intinya, banyak sekali yang bisa dilihat di sini untuk dipelajari. Thank You so much untuk semua staff PT.EJIP di Departemen Water Treatment Plan yang sudah ngajak kita nerima wawasan baru.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s