The Speechless Speech of a 8th Grader

Suddenly, gw mikirin semua momen yang udah pernah gw laluin selama sekolah ini, mulai dari SMP sampe sekarang kelas 3, cepeeeet sekali ! Jadi keinget  4 tahun lalu (perasaan baru kemaren) pas ikutan lomba-lomba di SMP. Ya kebetulan gw selalu kepilih jadi wakil SMP gw buat ikutan lomba-lomba English speech gitu deh.

Dulu, pas awal-awal kelas 8, gw sebel banget sama guru bahasa Inggris gw. Alasannya banyak. Sanking sebelnya sama mister bahasa inggris gw itu, gw nggak pernah dengerin tiap dia ngajar, nyatet juga buat yang latihan aja, kalo ketemu males nyapa (menghindar gitu deh),bahkan sempet juga ngeledek mister parah banget.

Tapi satu waktu, tepatnya tanggal 9 Februari 2007 (apal banget kan?? Secara gw catet gitu di diari gw pas SMP). Mister ngajak buat ikutan lomba English Speech gitu. Gw inget banget, di depan kelas, dia ngajakin beberapa temen gw tapi waktu itu gw nggak tau dia ngomongin apa (sanking sebel dan cueknya sama semua yang dia omongin). Eh tiba-tiba dia nanya ke gw. Karena gw nggak tau dia ngomongin apa, gw bingung banget.

“Eh nanya apa si mister ?” kata gw ke temen sebelah gw, si Niko.

“Itu lu mau nggak ikut lomba bahasa Inggris?” kata Niko.

Lupa mister ngajaknya gimana.. Pokonya gw jawab, No, No, No. Cetus gitu deh. Eh si mister tetep aja ngajak, sampe bilang, hadiahnya 1 juta loh, bla bla bla bla.. Gw tetep aja nggak mau, nggak mau, nggak mau, nggak tertarik. Ternyata itu lomba speech yang diadain buat 2 minggu depannya di Marsudirini.

Akhirnya  mister  nyuruh beberapa anak (kalo nggak salah ada Neta, Clara, Stevi  ) termasuk gw , yang diajak buat ketemu di ruang guru, semacem mau di tes gitu deh. Ya udah karena ada si Neta gw ikutan aja tuh. Taunya mister nyuruh tiap anak speech di depan dia saat itu juga. Oh no! males banget deh -,-

Pas giliran gw, gw dapet tema tentang Drugs Abuse. Gw cuma bilang ini kalo nggak salah :

Drugs are very dangerous for teenagers.

Sisanya, diem aja dah tuh gw. Hahha

Akhirnya mister komen apa gitu, terus semua yang diajak tadi disuruh bikin essay sesuai tema yang dia kasih dan dikumpulin besoknya. Taunya, dari anak-anak itu, gw doang yang kepilih. Oh no! Mampus. How can??

Gw bikin tuh speech pertama gw buat lomba, temanya Children Exploitation. Latian tiap hari, untungnya 2 orang temen gw yang ikut lomba ini jago, si Putri sama si Iman. Tuh orang berdua sempet tinggal di luar, jadi Inggrisnya udah bagus. Lah gw dibanding mereka? Preeeetttt.. Baguslah mereka banyak ngebantu banget.

Tepatnya 24 Februari 2007, lomba speech pertama gw. Tegangnya bukan main dan salah satu jurinya itu native. Yang ada di pikiran gw waktu itu, pulang!!! Pulang!!! Pulang!! Kalo bisa kabur, kabur dah tuh. Peserta yang lain, ya ampun, mereka keren banget, ada yang pake gambar segala macemlah.

Giliran gw speech. Tariiiiikk napas dalem-dalem.  Sama sekali nggak berani ngeliat mister dan juri , yang gw liat cuma tembok di ruangan itu. Gw mulai speech gw:

“Good morning everyone! First of all, let me introduce myself. My name is Aldonna Jasa Prima. I come from xxxxxx High School. Today, I would like to deliver a speech about Children Exploitation.

Then!!! Gw diem hampir setengah menit dong!! Langsung lupa isi speechnya! Seketika! Tidaaaaakk!

Rasanya pengen menghilang dari situ. Malu setengah ampunnnnn!!! Oh no..  Juri nativenya paling baik ke gw, dia tetep senyum dan encourage myself to speak up. Si mister sambil makan juga cuma manggut-manggut aja, padahal mukanya udah kecewa banget kali tuh. Haha. Finally, gw inget tuh beberapa paragraf, tapi tetep aja lupa-lupa inget.

Dari isi speech gw yang dua ¼ halaman ukuran folio itu, gw cuma inget sedikit. Lega banget pas bilang “That’s all from me! Thanks for your attention!”

Gw  langsung keluar dari ruangan, pergi ke kamar mandi and then. I cried!!! Gila malu-maluin banget yaa. Kaya bocah. Ckck. Maklumlah gimana yaa, itu tuh bener-bener speechless pas di stage, diem aja. Gimana coba. Heu. Akhirnya si Putri dateng  nenangin gw. Haha. Pas pulang gw bilang ke mister.

“Gw kan udah bilang Sir, jangan milih gw. Gw nggak bisa speech!” kata gw kesel + malu.

“No, I’m not wrong to choose you” jawab si mister sambil senyum dan ketawa.

Pokonya kalo mister ngajak speech lagi, gw nggak mau ikut, nggak mau. Taunya dong, bulan depannya ada lomba speech lagi, yang emang biasa diadain sama anak SMANSA Bogor. Gw inget tuh, ketemu sama mister di tangga depan kelas.

Then, he asked me “Do you want to join another English Speech Contest in March?”

Gw spontan jawab tanpa mikir “ No, Sir. No more speech!”

Lah, akhirnya tetep aja gw diajak dah ikutan. Beruntung sekali, ternyata I got the 3rd winner, tema speechnya tentang Global Warming gitu. Lumayanlah mengingat the speechless speech gw pas pertama lomba. Haha.

Anyway, semua berasa belum lama gw laluin, taunya udah 4 tahu  lalu yaa. Ckck. Banyak hikmahnya juga sih ikutan gitu, yang seru, kalo menang dapet duitnya itu loh. Tapi karena lomba-lomba itu juga, akhirnya gw bisalah nggak sebel sama si mister. Gimana mau sebel juga ya, kalo bukan karna dia yang ngajakin, ya nggak dapet pengalaman kaya gitulah.

 

Leave a Reply

