Welcome to the New Lab AI

Lab AI (Analisis Instrumen) adalah lab yang saya sukain dari semua lab yang ada di sekolah (untuk selama 3 tahun ini). Alasannya bekerja dengan instrumen itu lebih cepat daripada bekerja secara konvensional.

Sebenernya buat semester dua ini, bukan ruangan labnya yang baru jadi disebut new lab AI. Tapi instrumennya (rada gak nyambung ama judul kayaknya, hahha). Instrumennya juga bukan yang baru beli (secara instrumen yang dipake udah pada tuir tuir, alias sudah tua. Hehhe). Jadi maksudnya, instrumentnya yang baru dipelajarin buat semester 2 ini.Kalau yang belajar kimia, mungkin pernah denger Atomic Absorption Spectrophotometer atau dikenal dengan Spektrofotometer Serapan Atom (SSA). Di Kimia Analisis SSA ini dipakai buat menganalisis logam. Kalau di SSA, lampu yang dipakai di Spektrofotometernya tergantung sama jenis logam yang mau dianalisis.

Cerita soal SSA panjang lagi. Skip aja yaa. hehe

Ada lagi, yang sudah menua, namanya Flamefotometer. Alat yang satu ini udah termasuk tua banget. Flamefotometri digunain dalam analisis logam gologan IA dan IIA. Prinsip kerjanya kurang lebih, adalah mengukur emisi yang dipancarin dari atom keadaan bebas ke atom tereksitasi.  Alat ini juga make pemanasan dari nyala api. Tapi, instrument ini udah jarang dipake di industri, industri udah jauh lebih canggih seperti yang pernah saya denger, salah satunya kayak ICP.

Kapan-kapan aja yaa bercerita soal instrumennya. hhee. Oh iya ditambah lagi Ibu guru baru yang ada di lab AI. Welcome Bu Ratih, semoga senang yaa di lab AI dengan sabar ngajarin anak-anak kayak kita yang suka error kadang-kadang. Mohon dibimbing terus ya Bu (loh???)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s