HCl itu adalah Asam dan NaOH itu adalah Basa

Banyak yang bilang kimia organik itu gak gampang, buat beberapa orang bisa jadi iya bisa jadi nggak, tergantung selera juga. Kalo udah suka ya gampang, kalo udah benci bisa jadi sebaliknya.

Selama saya belajar kimia organik di sekolah sebenernya seru-seru aja, tapi kadang bisa jadi kalau pelajarannya gak aplikatif jadi kurang seru. Tapi di kelas 3 ini, saya belajar beberapa hal dari guru kimia organik saya, ya walaupun nilai kimia organik saya sih emang nggak tinggi-tinggi amat.hehe. Di kelas 3 ini, saya senengnya guru kimia organik di kelas saya bisa ngejadiin kimia organik lebih menarik, karena lebih aplikatif.

Suatu waktu di tengah-tengah pelajaran di kelas kimia organik, Ibu tiba-tiba nyinggung tentang bagaimana mengambil kesimpulan dari apa yang kita telah pelajari di kelas. Ibu langsung ngasih contoh dan nanya ke anak-anak di kelas kaya gini:

“Seandainya kalian bekerja di research development, lalu ternyata ditemukan alkaloid dalam suatu tanaman dan kalian diminta mengambil alkaloid yang ada di dalam tanaman itu. Gimana kalian bisa dapetin alkaloid itu?  Apa yang harus kalian lakuin dengan ngeliat sifat alkaloid (alkaloid senyawaan yang mengandung nitrogen)?” kata Ibu.

Hemmm… pada mulai mikir.

“Diekstrak Bu.” kata Reza (temen saya yang baru-baru ini menang karya ilmiah kimia)

“Ya diekstrak dengan apa? Berarti kan harus tahu dulu sifat alkaloid yang merupakan senyawa  amina. Amina itu kan sifatnya basa dan berarti pelarut apa yang dipake untuk ngekstrak alkaloidnya?” kata Ibu lagi.

Wike pun akhirnya ngejawab, “Iya Bu diekstrak pake asam, nanti kan jadi garam yang larut dalam air. Nanti air dipisahin dan bisa diekstrak lagi pake pelarut organik. Air nanti direaksiin lagi dengan basa jadi bisa diperoleh alkaloidnya lagi ”

“Nah iya bisa begitu. Kalau kalian tau sifat dasarnya kan kalian tau cara ngerjainnya kan. Jangan diekstrak dengan pelarut organik, nanti bisa jadi senyawa lain dari tanamannya ikut larut. Saya ingin, kalau kalian belajar kimia organik itu seperti kalian mengingat  “HCl itu adalah asam dan NaOH itu adalah basa”.

Wah, kata-kata Ibu lumayan nancep juga. Karena itu justru peringatan kalo jangan sampai kita belajar sesuatu hanya untuk sekedar nyelesain kewajiban tapi nggak bisa diaplikasiin suatu hari nanti. Ya walaupun mungkin itu cuma masalah yang belum seberapa dibanding ilmunya yang luas banget, tapi kan ada maknanya juga. Hemmm…hhe

Thank You yaa Ma’am buat ilmu yang udah dikasih, nggak sekedar ilmu kimia organik beserta pusing-pusingnya.Tapi buat ngebuka mata kita biar selalu menjadi a good learner.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s