Starting the December in the Lab

Kemaren, tepatnya tanggal 1 Desember. Hari pertama di bulan terakhir tahun 2010. Nggak kerasa tahun 2011 bentar lagi. Hoho. Desember ini, tentu aja masih pada disibukin sama kegiatan UAS di sekolah. Rabu kemaren juga saya baru aja UAS praktek yang pertama-Organoleptik dan Analisis Kimia Terpadu.

Masuk lab AKT sekitar jam 11an dan tiap-tiap siswa dapet gilirannya buat ngambil kocokan penetapan. Satu siswa dapet 1 penetapan. Tapi semua penetapan yang jadi bahan UAS itu ada 12 penetapan. Wuih, ampe setengah ampun deh tuh ngapalin dua belas penetapan. Hahhaa. Waktu ujian cuma 3 jam aja lagi, jadi mesti bergerak cepet.

Ada 14 orang yang masuk ke lab buat ujian kemaren. Saya orang ketiga dari terakhir yang ngambil kocokan. Hemm, dapet apaan nih. Saya sih berharepnya dapet penetapan kadar karbohidrat, Karena penetapan terakhir saya sebelum UAS tuh karbohidrat, jadi masih fresh gitu. Hhee. Saya ambil tuh kocokan dan tadaaaam dapet bilangan penyabunan.
“Hiks. Yah, bilangan penyabunan. Kemaren mid-semester saya dapet ini juga Bu. Bosen dapet penetapan yang sama Bu..” kata saya ke Ibu yang ngawas. Hehe. Dan ternyata entah kenapa gitu, kata Ibunya ya udah saya boleh ngambil kocokannya sekali lagi, dan akhirnya dapet penetapan kadar lemak dalam biskuit. Hhhe. Lumayannlah daripada dapet yang sama-sama terus tiap ujian.

Kadar lemak dalam biskuit kemaren itu dianalisis menggunakan metode Soxlet. Pertama-tama, kita mengekstraksi dulu tuh lemak yang ada di dalam biskuit dengan pelarut organik menggunakan alat Soxlet. Kurang lebih 1 jam, atau ditandai dengan menjernihnya pelarut organik (udah nggak berwarna kuning lagi yang artinya udah gak terdapat lemak di dalamnya). Kalau udah selesai diekstrak, lemak yang larut di dalam pelarut organik itu kita pisahkan melalui destilasi, sehingga bisa kita dapet deh lemaknya. Lemak nanti dihitung kadarnya dengan metode gravimetri.

Kemaren pas ujian, mulai praktek jam 11.30 dan saya beres jam 14.35anlah. Kadarnya sih mengalami kesalahan positif dibanding dengan standar. Hoho. Ya iyalah karena pemanasan di ovennya juga kan nggak lama, jadi kemungkinan ada penambahan bobot. Hem,, setidaknya saya udah tenang AKT udah dijalanin, sekarang tinggal yang lain-lainnya. Semangat! 🙂

Leave a Reply

