Olah Batu Bara

Belum lama ini, saya sempet baca beberapa hal tentang batu bara. Di postingan sebelumnya saya udah pernah berbagi sedikit info tentang batu bara beserta resiko tambang batu bara. Kali ini saya mau bagi apa yang udah saya tau tentang bahan kimia yang diolah dari batu bara. Batu bara banyak dipake dalam unit pembangkit listrik, karena bahan ini bisa dibakar dengan efisiensi termal yang tinggi, biaya operasi dan pemeliharaan yang rendah, dan fleksibilitasnya yang tinggi. Jadi faktor-faktor ini bisa ngimbangin tingginya biaya pembuatan bahan dari batu bara.

Buat saya agak sedikit susah ngebayangin proses pengolahan bahan batu bara ini (secara belum tau yaa kaya apaan tuh industri pengolahan batu bara, hhe). Yang jelas, dalam pembakaran bahan bakar giling, abu yang keluar dari tungku ketel terbawa bersama gas buang. Abu itu dipisahkan dari gas buang dengan menggunakan presipitator listrik atau alat lain. Abu ini bisa dipake sebagai bahan pencampur dalam pembuatan bata, beton, dan balok bangunan. Secara besar-besaran, abu ini disinter (dipanggang) buat ngehasilin koral beton yang ringan. Jika tidak, bahan ini bisa ngeganggu dan tidak berbahaya.

Petrokimia udah merupakan sumber bahan baku dasar dalam berbagai industri penting, misalnya di industri zat warna, obat-oabatan, pestisida,elastomer dan bahan plastik. Batu bara sebagai bahan bakar cadangan juga udah banyak penerapan konversinya secara kimia. Kebanyakan bahan kimia yang asalnya dari batu bara awalnya didapet melalui proses distilasi destruktif yang ngehasilin bahan-bahan aromatik.

Distilasi Destruktif Batu Bara ? Apakah itu?
Kalau batu bara dipirolisis atau didistilasi dengan pemanasan tanpa kontak sama udara, batu bara bakal terkonversi jadi zat padat, zat cair, dan gas. Jumlah dan sifat produk hasil distilasi ini tergantung sama suhu pirolisis dan jenis batu bara yang diolah. Dalam praktek biasa, suhu tanur kokas dijaga di atas 900 derajat C (bisa juga berkisar antara 500-1000 derajat C). Produk utama proses ini adalah kokas. Kalau proses ini menggunakan suhu 450-700 derajat C, proses ini disebut karbonisasi suhu rendah). Kalau suhu di atas 900 derajat C proses ini disebut karbonisasi suhu tinggi. Karbonisasi suhu rendah lebih banyak mengasilkan zat cair daripada zat gas sedangkan karbonisasi suhu tinggi sebaliknya.

Karbonisasi suhu rendah mengasilkan zat cair yang sangat berbeda dari karbonisasi suhu tinggi, walaupun batu bara yang diolah itu sama. Zat cair hasil karbonisasi suhu rendah lebih banyak ngandung asam ter dan basa terdaripada zat cair karbonisasi suhu tinggi. Zat cair hasil karbonisasi suhu tinggi ini masih belum mantap juga biasanya. Zat cair karbonisasi suhu tinggi berupa air, ter dan minyak ringan mentah dan produk gas karbonisasi suhu tinggi ini berupa hidrogen, metana, etilena, karbon monoksida, karbon dioksida, hidrogen sulfida, ammonia, dan nitrogen. Produk lain selain kokas dari pengolahan batu bara ini dikelompokin dalam bahan kimia batu bara atau hasil sampingan.
Distilasi detruktif batu bara atau karbonisasi batu bara ini adalah contoh tentang konversi batu bara atau pirolisis.

Teori kimia pirolisis batu bara ini di antaranya :
1. Kalau suhu dinaikan, ikatan karbon-karbon alifatik putus terlebih dahulu. Reaksi ini berlangsung di bawah suhu 200 0C.
2. Selanjutnya, hubungan karbon-hidrogen putus pada suhu <600 derajat C
3. Eliminasi kompleks lingkar-hetero dan romatisasi secara berangsur merupakan reaksi penting yang berlangsung selama dekomposisi dan proses karbonisasi
4. Bobot molekul produk antara berkurang secara teratur bersamaan dengan naiknya suhu. Air, karbon monoksida, hidrogen, metana, dan hidrokarbon lainnya terbentuk.
5. Dekomposisi berlangsung maksimum pada suhu antara 600 dan 800 derajat C. Semua reaksi di atas bervariasi bergantung pada laju pemanasan dan suhu yang dicapai.

Baru ini aja yang bisa dibagi tentang pengolahan batu bara, walaupun ini masih gambaran secara singkatnya aja yaa tentang pengenalan pengolahan batu bara sebagai bahan kimia. Hhhheee. Semoga berguna.

Referensi : Austin, George T. 1984. Shreve’s Chemical Process Industries. Mc.Graw-Hill,Inc.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s