Challenging Myself

Welcome to Bandung Donna!

Firstly, saya mau ngucapin terima kasih sama semua pihak yang udah kasih saya kesempatan buat punya pengalaman ikutan lomba cepat tangkas kimia di ITB. Hhhe. Ini lomba cepat tangkas kimia pertama yang saya ikutin. Karena seumur-umur saya belum punya keberanian buat ikutan lomba kimia. Alasannya? Karena belum pernah diajak juga sih. hehhe

So, what have happened?

Babak penyisihan pertama dimulai hari Minggu 24 Oktober 2010 kemaren dan sekolah baru dapet undangan itu hari Rabu 20 Oktober 2010.
Sebenernya waktu itu temen-temen yang biasa diikutsertain di lomba kaya gini udah pada ikutan lomba juga dan kebetulan harinya bentrok sama semifinal dan final di lomba ini. Hemmm… Awalnya saya bisa kepilih, begini, hari Rabu waktu itu saya sama beberapa temen lagi mau berangkat buat pertemuan LKS (Lomba Kompetensi Siswa) tingkat SMK dan tiba-tiba Bapak (saya nggak usah sebut nama Beliau sepetinya…hehhe) datang…

“Mau ikutan nggak nih lomba di ITB?” kata Bapak sambil menyodorkan lembar undangan ke temen-temen.

“Di mana Pak??? ITB apa IPB Pak??” kata saya penuh semangat.
“ITB, Bandung tanggal 24 Oktober ini” kata Bapak lagi.

“Wah beneran Bapak?? Saya ikut dong Pak ikut Pak. Mau banget ke sana” kata saya penuh antusias.

“Oke kalo gitu nanti saya fotokopi dulu yaa ini?” kata Bapak.

Hemm, waktu itu saya kira Bapak nggak ambil serius omongan saya, soalnya saya mau ke Bandungnya aja, udah lama nggak ke Bandung. Terakhir jalan-jalan ke sana setahun lalu soalnya. Kalo soal lomba sebenernya saya masih mikir-mikir.Huaaaaa rupanya diajak beneran.Hikss.. 😦 Tapi seneng 🙂 Yaa sudah kalo gitu saya ambil, supaya saya juga punya pengalaman. Akhirnya dipilihlah kalau saya setim dengan Syifa da Assad. Thanks kepada 2 orang pinter ini. Love you two deh pokonya.. hihi.. Tentu aja menuju hari Minggu kita belajar dan ngebahas soal latihan.

Pagi itu, berangkat dari Bogor jam 05.00. Sampe di Bandung jam 07.00. Cepet yaaa.. Masuk ke ITB dan mulai mencari GKU ITB. Tadaamm. Ketemu dan rupanya ada 28 tim dari sekolah lain (SMK dan SMA) yang ikutan di lomba ini.

Babak penyisihan pertama terdiri dari 40 pertanyaan pilihan ganda dan itu dikerjain oleh masih-masing anggota tim.Benar +4, salah -1, tak dijawab 0. Hemmm.. Untuk soal PG dimulai dari jam 09.00-11.30. Lanjut ke yang berikutnya Studi Kasus terdiri dari 5 buah kasus dan itu dikerjain bersama oleh tim, dimulai dari jam 13.30-15.30. Yang mengesankan itu bagi saya soal Studi Kasusnya, karena lebih ke sifat ngejelasin apa yang kita tau tentang kasusnya, yaaa walaupun susaaaah.. Heu..

Overall, acaranya lumayan seru dan menurut saya justru malah jadi pengalaman yang berharga banget bisa tau gimana terlibat di lomba kaya gini.

Waktu di sana, saya ketemu sama kakak alumnus SMAKBo juga angkatan 49 yang udah semester 7 di Kimia ITB. Denger cerita dari kakanya ternyata selain banyak yang di Kimia ada juga satu dua orang alumni yang di Farmasi sama FTTM ITB.

Hari itu rasanya cepet banget, jam 04.00 sore kita langsung pulang ke Bogor dan sampe di Bogor jam 08.00 malem, udah hari Seninnya UTS pula lagi untung masuk siang.. Pengumumannya dikasih tau lewat blognya amisca hari Selasa jam 09.00 malem. Saya berusaha optimis aja. Walaupun deg-degan juga. Semifinal jatoh hari Jumat 29 Oktober 2010.

Rabu paginya saya dapet sms kalo tim lolos ke semifinal (16 besar). Wah, thanks Godnya. Lalu bagaimana dengan semifinal?
Akhirnya menghadapi babak semifinal kemaren (29/10/10).

Semifinal di Gedung 26 Campus Center ITB. Huaa, regu saya dapat giliran di sesi pertama jam 07.45 ngelawan tim dari Garut, Bandung, sama Leuwiliang. Jebreeeet. Beneran deh, nggak cepet neken bel. Kalah cepet di neken belnya. Hiks. Tapi nggak apa-apa seru banget. Hahha. Saya yang tadinya sakit perut jadi ilang sakit perutnya ,semangat gara-gara sensasi lombanya.

Sayangnya, soal rebutannya kurang banyak. Kuncinya pacepet-cepet itu penting banget (lah iyalah namanya juga cepat tangkas kimia yaaa.. haha). Tapi ya sudahlah. Alhasil saya nggak lolos ke final buat Sabtu hari ini. (30/10/10).

Beres sesi pertama, saya sama temen tim langsung ngehabisin waktu keliling keliling di sekitar ITB. Untungnya di sana ada ka Taufik (angkatan 48 SMAKBo, sekarang di Geologi ITB) sama ka Amanda (angkatan 52 SMAKBo,sekarang di Kimia ITB). Thanks yaaa kaka alumni. Love you deeh ( Ini namanya kekuatan almamater, dimana pun dan kapan pun selalu ada). Hhhe. Ka Taufik sama ka Manda jadi guide kita deh ngiterin ITB. Satu hal pasti, this one of the best moments I’ve ever had-challenging myself.

Ternyata ikutan lomba kimia itu asyik yaa. Hahha. Baru ngerasa deh seru, walaupun yaa masih ada kekurangannya. Yang penting nggak gagal mencoba toh. Next competition must be better.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s