Bilangan Penyabunan buat UTS AKT

Jumat 15/10/10 kemaren, saya ujian praktek tengah semester buat Kimia Analisis Terpadu. Materi yang diujianin itu adalah 3 materi awal yang udah pernah dipraktekin. Saya kan udah penetapan kadar protein + bilangan penyabunan + bilangan asam sama kadar abu+ kadar NaCl,
terus organoleptik. Tapi sayangnya organoleptik nggak diujianin . Huhu.

Dari semua penetapan yang udah pernah saya lakuin, saya paling suka penetapan kadar protein. Kenapa? Soalnya itu penetapan pertama yang saya lakuin pas baru masuk di lab AKT. Jadi saya ngarep banget tuh ujian dapetnya kadar protein.

Malam Jumatnya saya udah bersemedi dulu buat belajar. Hhee. Berusaha memahami dasar kerja dan ngapalin cara kerja. Malem itu saya belajar cuma bentar doang, dari jam 8 ampe 9.30an lah. Itu juga nggak serius-serius amat. Niatnya sih mau tidur dulu gitu, ntar malem jam 1 bangun lagi buat belajar. Bangun tuh jam 12an malem, ehhhhh cuma liat jam terus pindah posisi tidur doang. Hhaa. Ngantukkkk banget. Akhirnya bangun lagi jam 2 pagi , ngeliat jam, terus ke dapur buat minum, udah gitu tidur lagi dah. Hhaa. Ujung-ujungnya baru bangun jam setengah 5 pagi, langsung mandi, terus ngelanjutin baca bahan ujian.

Karena mama lagi nggak di rumah, jadi saya harus nyiapin sarapan buat ade-ade dulu, baru berangkat sekolah. Ternyata saya nggak dapet bis, bis yang lewat penuh semua, sanking penuhnya penumpangnya sampe keluar pintu gitu semua.ckck.Masa iya saya mau ikutan nangkring di depan pintu bis. Ujiannya jam 7.30, saya jam 06.15 belum naik bis. Akhirnya saya milih naek angkot aja tuh. Walaupun ongkosnya lebih mahal.

Untungnya nyampe sekolah nggak telat. Siap-siapin jas lab, sepatu lab, alat tulis, kalkulator de el el. Baru masuk lab, ngambil undian deh tuh. Deg degan sih awalnya.. Pas buka kocokannya, “Kadar Protein Penampung HCl” … tapi Ibunya bilang “emm buat protein cuma 1 aja soalnya udah ada yang lain yang dapet Protein berhubung alatnya cuma ada 1”.. Yah Ibu padahal saya mau dapet protein. Akhirnya ngambil kocokan dapet deh “Bilangan Penyabunan”.

Apakah yang terjadi saat ujian??? Arrrrrgh, bête banget. Tetep aja yang namanya human errors terjadi. Huhu. Pokonya indescribable dah. Ckck. Biarkan itu menjadi rahasia yang tak terkuak dalam hati saya. Lebaii. Tapi, saya bisa. Yaa, cuma kuraaaaang teliti. Bete kan…

Tapi ada aja yang bikin ketawa pas ujian di lab. Temen saya si Arief, dia dapet penetapan gula pereduksi. Dia bikin kesalahan ampe semua mata di lab tertuju padanya gara-gara guru-guru pengawas shock sama salah kerjanya dia. Udah dia tampangnya nyantai banget lagi udah salah gitu. Hhaa. Udah aja beres ujian kita semua di luar lab pada ketawaan.
Untungnya nggak ada yang bermasalah banget pas di ujian kelompok pagi. Nggak ada sih yang ampe mecahin alat gitu. Hemm, cuma kayanya pada ngalamin human errors versinya masing-masing juga sih semua yang praktek. Huhu. Hope the next will be much better.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s