I like Instrumental Analysis

Ada banyak cara yang bisa dilakuin buat nganalisis senyawaan dalam suatu contoh. Kalau dulu waktu kelas 1 saya belajarnya analisis gravimetri, eh sekarang udah langsung di instrumen. Kerasa banget bedanya. Minggu kamis kemaren kan saya praktek analisis instrumen penetapan kadar nitrit dari sampel air. Sebelumnya juga udah ngelakuin penetapan kadar sulfat.


Di lab analisis instrument, semuanya dilakuin cepet banget buat nganalisis kadar. Bayangin aja, kalau dulu netapin kadar sulfat cara gravimetri bisa seharian full tuh di lab tapi belom juga bisa dapet kadar gara-gara endapannya belon bobot tetap.. hhaa. sekarang di instrumen, preparasi deret standar, langsung masukin ke spektrofotometer, otak-atik alat, langsung deh dapet absorbansi dan tinggal ngitung kadar. Cepet banget, 30 menit juga beres, nggak perlu ngendapin, ngarangin (ignation), atau nimbang ampe bobot tetap kaya di gravimetri.

Bener deh, analisis instrumen seru banget. Ribetnya sih, kan harus bikin banyak deret standarnya itu.Tapi enak deh, nggak perlu seharian di lab kaya gravi. hhhaa. Minggu ini ujian saya juga bakalan ujian praktek analaisis instrumen, berharepnya sih dapet penetapan yang saya bisa dan suka biar mantep hasilnya. Wish me luck.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s