Friday at Laboratory

Hari Jumat kemaren, saya praktek analisis kimia terpadu. Nyampe rumah kayanya langsung capek banget udah gitu ngantuk banget, soalnya kebanyakan ngehirup ether. Hoho.

Kemaren saya dapet penetapan kadar BTM ( Bahan Tambahan Makanan) sama kadar air. Ribet sih, cuma seru. BTM yang dianalisa itu sakarin, siklamat, sama pengawet makanan natrium benzoat. Yang paling ribet dari semuanya tuh kayanya sih penetapan kadar benzoat soalnya pake ngekstraksi, udah pake pelarutnya ether, mabok deh.

Asam benzoat kan dalam bentuk garamnya larut di dalam air,sedangkan dalam bentuk asamnya larut dalam pelarut organik. Hemm, prosedur kerjanya sih setelah nimbang contoh, contoh dinetralin pake NaOH terus diasamin lagi pakai HCl sampe pH 4 sama ditambahin larutan buffer pH 4 sampai pH 4 juga. Baru deh abis itu dilarutin sama pelarut organik- ether- dalam labu kocok. Terus ekstraksi sebayak 3 kali, pisahin sampel sama ethernya terus cuci sampe bebas asam. Terus ether diupain sampe tinggal kristal-kristal asam benzoatnya aja yang tertinggal. Nah, baru deh, asam benzoatnya larutin pake aceton tambah air suling, tambah indicator PP, terakhir dititar sama NaOH sampe titik akhir.

Syukurnya saya sama kelompok saya nggak ngedapetin masalah apa-apa, ya tetep aja sih ada sedikit human errors yang kita lakuin pas ngerjain penetapan. Hhe. Yang kasian itu, kelompok penetapan kadar protein yang harus kehilangan labu Kjeldahl yang dipake pas destruksi di ruang asam gara-gara pecah sendiri, sebenernya sih labunya jatoh bukan pecah sendiri juga gitu,. Hhe. Mungkin kurang kuat penyangganya, maklum juga sih penyangganya udah tua.

Kebetulan meja kerja saya jauh dari ruang asam, tapi saya ngeliat asap SO2 yang hasil destruksinya langsung menuhin ruang asam, waw ngebul banget. Untungnya di ruang asam, kalo nggak,bisa pada keracunan SO2 lagi anak-anak. Rezha yang lagi lakuin penetapan uji sakarin di ruang asam juga kaget, wah, saya liat dia langsung buru-buru nutup ruang asam. Jadi kelompok penetapan kadar protein harus kehilangna hasil destruksinya, udah malah destruksi lama banget bisa sampe 2 jam. Ditambah lagi, kelompok juga harus ngegantiin Labu Kjeldahl, denger-denger sih harganya 150 ribu walaupun emang nggak sengaja karena kesalahan kelompok.

Oh ditambah lagi, satu hot plate juga rusak. Gatau juga kenapa, tapi, agaknya ada masalah di kabel, udah kaya bunyi petasan aja jadinya di lab karena konslet, saya kira ada apaan gitu, sesuatu kebakar sama pelarut organik mungkin eh taunya pas temen saya nyabut kabel, duaar deh bunyi, langsung rusak deh hot platenya.

Sebenernya banyak cerita sih kalo di lab Jumat kemaren. Nggak tau nih ya tiba-tiba jadi banyak yang pecah-pecahan. Tapi biarin aja deh biar lebih hati-hati kalo kerja di lab.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s