Chemical Engineering?

Beberapa hari sebelum libur Lebaran, saya ada kelas Kimia Organik. Materi pembelajaran waktu itu masih berkutat tentang Amine Reactions. Nggak lama setelah itu, Ibu Dwika (Ibu Guru Kimia Organik kelas 12 angkatan saya) agak sedikit membahas di luar materi belajar, Teknik Kimia. Kebetulan banget saya pikir, karena waktu jam istirahat sebelum kelas Kimia Organik, saya sempet ngebahas soal jurusan Teknik Kimia sama temen-temen.

Saya sendiri baru sedikit tahu tentang Teknik Kimia. Mungkin kalau ilmu Teknik Kimia diibaratkan sebagai sebuah istana ilmu, saya baru saja berada 100 meter di depan gerbang, baru mulai melihat istana dari luarnya saja. Walaupun mungkin tanpa saya sadari saya sebenernya sudah mulai mempelajari basic kimia yang diperlukan dalam Teknik Kimia.

Dalam Oxford Advanced Learner’s Dictionary, Teknik Kimia atau Chemical Engineering diartikan sebagai “the study of the design and use of machines in industrial chemical processes.” Kalau mendengar cerita Ibu Dwika, rasanya apa yang Ibu ceritakan kurang lebih sama dengan arti Teknik Kimia yang saya baca di kamus besar Oxford. Ibu cerita kalau di Teknik Kimia salah satunya kita belajar tentang sintestis bahan kimia dalam skala industri atau pabrik, jadi sebagai orang Teknik Kimia nanti harus bisa memprediksi kebutuhan produksi yang menggunakan proses-proses kimia.

Saya pernah membaca beberapa bahan berkaitan tentang Teknik Kimia, salah satunya ada di sebuah website yang menjelaskan secara singkat apa yang akan dipelajari dalam jurusan Teknik Kimia di salah satu universitas di Bandung. Dikatakan bahwa Teknik Kimia mempelajari teknologi perancangan pabrik. Pabrik yang dirancang dapat berupa pabrik kimia, bioproses, makanan, dan masih banyak yang lainnya. Hampir seluruh pabrik yang ada di dunia dirancang oleh sarjana Teknik Kimia. Perancangan pabrik yang dimaksud disini adalah merancang proses-proses yang terjadi dalam pabrik, seperti perancangan reaksi dalam reaktor untuk menghasilkan produk yang diharapkan, sistem penggunaan sumber daya yang ada di pabrik, pengendalian proses, dan lain sebagainya.

Dijelaskan juga bahwa dalam jurusan Teknik Kimia ini akan dipelajari bagaimana membuat proses kimia atau biologis yang terjadi baik dalam pabrik maupun luar pabrik menjadi lebih cepat dan efisien agar sesuai dengan yang diharapkan. Misalkan saja contoh sederhana yang sering ditemui dalam kehidupan kita sehari-hari adalah proses fermentasi, seperti pembuatan yoghurt, roti, keju, kecap dan lainnya atau contoh lain seperti pemurnian minyak bumi dan gas alam, proses produksi bensin, solar, dan biofuel.

Rupanya,ilmu Teknik Kimia ini tidak hanya digunakan dalam bidang industri saja, tak jarang dalam jurusan Kimia di FMIPA pun ilmu Teknik Kimia menjadi ilmu yang mendukung, misalnya dalam bidang penelitian, khususnya yang terkait dengan pembuatan katalis karena katalis memang sangat banyak dan sangat penting digunakan dalam industri-industri kimia.

Sepertinya Teknik Kimia menarik yaa untuk dipelajari lebih lanjut, karena luas banget. Saya jadi inget pesen dari ka Ana (angkatan 49) yang pernah nyaranin juga buat ambil Teknik Kimia kalo udah lulus nanti. Hhee. Tapi mungkin wawasan saya tentang dunia setelah sekolah kan bakal terus berkembang. Jadi saya masih mau terus nambah pengetahuan saya dulu aja deh, soal jurusan apa nantinya yang bakalan saya ambil, belum tau juga sih, yang penting belajar apa yang ada di depan mata dulu aja. Kalau jadi analis kimia lulus dari sekolah sih memang kebanyakan kerjanya di lab melulu, begitu juga kalo kita kuliah ambil jurusan Kimia, kebanyakan dipake di lab bagian Quality Control (QC) berbeda dengan lulusan Teknik Kimia yang nggak sering-sering di lab (dari beberapa sumber yang saya baca sih begitu, kurang tau praktik di lapangannya yaa). Wah, tapi intinya buat saya dua-duanya sama aja deh, sama aja bakal nguras otak. Hhhe. Okelah 🙂

Leave a Reply

