Saya dan Batak

Horas !!

Hari ini entah kenapa saya lagi tertarik aja untuk berbagi tentang marga-marga di suku Batak.

Saya seorang boru Batak tulen. Saya boru Purba. Dilahirkan dari ayah yang tentu saja bermarga Purba dan mama yang berboru Manalu. Ompung boru (nenek) dari ayah saya berboru Sipayung dan Ompung boru dari mama (nenek) berboru Hutabarat. Artinya saya masih bersaudara dekat juga dengan marga Sipayung dan Hutabarat.
Kalau mau bicarain asal usul orang tua saya. Marga Purba itu adalah salah satu marga dari daerah Simalungun. Jadi saya adalah batak Simalungun. Kalau mama boru Manalu dari Tapanuli Utara, Batak Toba. Tetapi karena dari kecil saya lebih dekat sama keluarga mama jadi saya lebih mengusai tentang batak Toba, salah satunya saya lebih bisa berbahasa Batak Toba daripada Batak Simalungun. Walaupun saya tetap senang dengan dua-duanya.

Marga di dalam suku Batak itu ada banyak sekali, kalau sudah lahir dan tinggal di luar Sumatra Utara sekarang ini, pasti pengetahuan tentang marga-marga nggak sejago pengetahuan orang tua kita yang lahir dan tinggal di sana. Tapi kalau mama saya masih tahu dan mengenal marga-marga yang satu fam bahkan dulu juga waktu sekolah di Bondar Sibabiat, Tapanuli Utara, mama juga belajar aksara Batak. Kalau sekarang? Nggak banyak orang Batak yang tahu dan bisa membaca atau menulisnya.

Memang mama saya ini sangat menghargai adat orang Batak, mama mengajarkan saya dengan kita mengenal marga-marga orang Batak dan adat istiadat Batak kita juga belajar untuk hormat dengan orang yang lebih tua, mengenali panggilan-panggilan terhadap sesama orang batak, dan mengenal saudara, intinya sih memperkuat tali persaudaraan. Tetapi jangan sampai juga karena adanya fam antar marga ini memungkinkan terjadinya nepotisme atau jangan pula karena kita orang Batak kita kumpul dan bergaul dengan orang-orang Batak melulu , misalkan kalau sama-sama orang batak kita perlakukan dengan baik kalau bukan sama-sama orang batak kita perlakukan dengan nggak baik dsb, tetapi rasa kebersamaan dengan orang lain juga harus dibangun. Buktikan kalau orang Batak dapat hidup bersaudara dengan mereka yang sesama orang Batak dan mereka yang bukan.

Soal adat istiadat pun begitu.Tidak salah bila kita melakukan kegiatan adat dengan tujuan agar teringatnya rasa kekeluargaan (terutama dalam pesta adat pernikahan misalkan, tetapi tidak harus dan dipaksakan kok). Sebenarnya bukan adatnya yang memperkuat kekeluargaan itu, tetapi makna dari setiap kegiatan adat, kalau orang Batak bilang “Holong” atau “Kasih” yang diartikan dari kegiatan adat tersebut. Tetapi jangan juga adat itu lantas menjadi pegangan hidup kita yang total, karena tetap saja ada nilai-nilai lain yang lebih dari itu (agama).

Karena saya juga mau menambah wawasan saya tentang berbagai marga di dalam suku Batak, saya pernah minta mama untuk ngebeliin “Torombo Ni Si Raja Batak”. Torombo ini bertuliskan semua marga-marga yang ada di dalam suku Batak. Dengan melihat Torombo kita bisa tau marga lain yang masih fam dengan marga kita. Misalkan saja, saya boru Puba. Di dalam Torombo, marga Purba itu masuk ke dalam Raja Sumba, Toga Simamora. Artinya, marga Purba itu juga sama dengan marga Simamora. Contoh lainnya, dituliskan sbb :
Raja Sobu → Marga Hasibuan → Guru Mangaloksa :Marga Hutabarat, Marga Panggabean, Marga,Hutagalung dan Marga Hutatoruan

Dari salah satu contoh ini Hutabarat, Panggabean, Hutagalung, dan Hutatoruan juga masih satu fam. Kurang lebih informasi yang bisa saya share tentang Torombo itu seperti penjelasan di atas. Masih banyak lagi beragam marga Batak yang bisa diliat di dalam Torombo ini.

Kalau mau membeli Torombo Ni Si Raja Batak supaya bisa lebih tahu tentang marga-marga suku Batak, bisa dicari pas lagi jalan-jalan di Taman Mini Indonesia Indah, misalkan waktu masuk ke rumah adat Batak, biasanya di bagian souvenirnya dijual juga atau bisa juga membelinya di pasar senen, biasanya ada toko-toko Batak di sana. Biasanya dijual dengan harga Rp. 50.000,00 tapi kalau jago nawar mungkin bisa lebih murah. Semoga berguna

Leave a Reply

