Kunjungan Industri-2nd Industrial visit : PT. International Chemical Industry

Tanggal 30 Juli lalu, kami mengadakan kunjungan industri yang kedua , ke PT. International Chemical Industry. Kebetulan acara kunjungan industry ini bersamaan dengan studi lapang kakak-kakak angkatan 53 ( kelas 4).

Kami berkunjung ke bagian produksi. Ini adalah pertama kalinya bagi saya untuk melihat bagaimana aktivitas yang dilakukan di dalam pabrik produksi. Ternyata cukup menarik, semua sudah dikerjakan oleh mesin. Kebanyakan pekerja di pabrik adalah perempuan, yah mungkin karena perempuan itu lebih teliti dalam bekerja.

Pertama kali sampai di sana , kami langsung disambut dengan baik. Tak lama, kami menuju meeting room 1 di sana. Seperti layaknya kunjungan industri biasa, kami diperkenalkan dengan latar belakang perusahaan dan cerita panjang mengenai segala sesuatu berhubungan dengan perusahaan. Bagi saya hal yang paling menarik saat itu adalah kunjungan ke produksi. Walaupun tentu saja kami tidak diperkenankan untuk memasuki bagian laboratorium kimianya, karena pasti akan mengganggu pekerjaan di lab nanti.

Ini adalah kunjungan industri yang kedua kalinya bagi kami anak-anak RSBI angkatan 54. Dari kunjungan industri yang ke dua ini, saya akui saya mendapat banyak hal yang biasanya mungkin kita anggap sepele. Kami mendapat informasi tentang penggunaan batrai Carbon Zinc dan Alkaline, kelebihannya dan kekuranganya, serta banyak hal lainnya. Walaupun informasi yang kami dapat masih merupakan gambaran umum termasuk tentang kimianya, tetapi saya rasa semuanya sangat bermanfaat.

Beberapa informasi yang bisa saya bagikan adalah sbb :

1.Baterai Alkaline dan Carbon Zinc memiliki perbedaan pada bahan yang menyusunnya. Alkaline menggunakan Potassium Hydroxide (KOH) sebagai elektrolitnya sedangkan Carbon Zinc menggunakan Zinc Chloride (ZnCl2) dan komposisi zat penyusun Alkaline lebih murni daripada komposisi carbon Zinc. Itu sebabnya mengapa Alkaline lebih mahal harganya daripada Carbon Zinc.

2.Untuk cara penggunaan baterai :

a.Alkaline itu biasa digunakan untuk beberapa peralatan elektronik seperti camera digital, handy cam, PDA, electric razor, CB radio, MP3 player, radio cassette, and remote.
b.Untuk yang tipe Carbon Zinc biasanya digunakan untuk jam dinding atau peralatan yang tidak besar penggunaanya seperti yang disebutkan sebelumnya.
c.Jangan pernah mencampurkan baterai bekas dengan baterai yang baru. Misalkan bila suatu alat memerlukan 4 buah baterai, dan apabila akan mengganti baterai, gantilah ke empat baterai dengan baterai baru. Karena ini akan lebih efisien dan tahan lama serta lebih ekonomis.
d.Jangan mencampurkan baterai Alkaline ataupun Carbon Zinc dengan merek lain. Karena ini dapat saja mengakibatkan kebocoran.
e.Jangan pula mencampur baterai Alkaline dengan jenis baterai Carbon Zinc.
Hanya hal-hal sederhana seperti itu yang dapat saya sampaikan dari hasil kunjungan industri ke PT. International Chemical Industry. Semoga postingan hari ini berguna. Untuk informasi lebih lanjutnya dapat mengunjungi http://www.abc-battery.com.







Advertisements

One thought on “Kunjungan Industri-2nd Industrial visit : PT. International Chemical Industry

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s