Mengapa Air Laut Asin ?

Kalau orang terus menerus membiarkan air asin mengalir ke dalam bak air, maka air untuk mandi itu tentu saja asin. Tetapi, sekarang, siapa yang menuang air asin ke laut? Mungkin mengejutkan, tetapi garam di laut terutama sekali datang dari sungai. Siapa yang selalu berpikir bahwa air sungai itu tawar, ia telah keliru. Air sungai juga asin, hanya saja asinnya kurang aripada air laut. Ini karena sungai sejak dari mata air sampai ke muaranya di laut mengalir melewati banyak baru, karang, tanah lempung. Dan dasar yang kaya mineral-jadi yang mengandung garam-dan melarutkannya serta mengangkutnya ke laut.

Sekarang laut itu bagaikan sebuah bak mandi raksasa dengan sumbat di dalamnya. Jadi, hanya air yang bisa mengalir ke dalamnya, tidak ada air yang keluar. Lalu, mengapa air laut lama kelamaan tidak melimpah? Ini karena air terus menguap di bawah panas matahari. Uap itu naik ke udara, berkumpul di awan dan menetes sebagai air hujan ke bumi dank e sungai. Tetapi garam tidak menguap, melainkan tertinggal d air laut. Ar hujan berkadar garam rendah sampai lagi di sungai, menggelontrkan lagi garam dari palungan sungai dan mengangkutnya ke laut. Suatu perputaran abadi. Dengan begitu, selam jutaan tahun garam meningkat lebih banyak di air laut daripada di air sungai.

Campuran asin dapat dilakukan dengan baik di rumah. Bila kita mencampur 1 Liter air keran dengan 35 gram, diaduk dengan seksama, dan diminum seteguk, orang merasakan betapa sinnya air laut samudera. Hanya dengan 11 gram garam per liter, orang mencapai rasa Laut Timur, dan dengan 260 gram garam per liter, jadi 10 kali untuk laut samudera orang dapat menghasilkan rasa Laut Mati yang memungkinkan kita untuk mengapung di atas laut Mati.

Konsentrasi atau kadar di dalam air laut tergantung pada lauasnya laut, jumlah sungai yang bermuara ke sana , dan iklim. DI daerah pana, air lebih banyak menguapa. Dan dimana air lebih banyak menguap, teringgal lebih banyak garam di laut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s