SOC-SMAKBO OPEN CHAMPIONSHIP EKSAKTA 2010

SOC atau SMAKBO OPEN CHAMPIONSHIP itu program dari Persatuan Pelajar SMAKBo (mungkin kalo di SMA dikenalnya OSIS) yang biasa diadain tiap tahun oleh tim seksi Pendidikan.  Kebetulan lagi, saya terlibat dalam kegiatan ini. Ya, walaupun sebenernya saya bukan anak PP SMAKBo, tapi makasih lah buat kepercayaannya, buat Akbar Haryo, sebagai ketua, Julian Angelia koordinator tim soal,saya boleh jadi tim pembuat soal buat SOC tahun ini untuk bidang kimia. What a great responsibility. Ya iyalah, karena SOC ini kan membawa nama sekolah untuk bisa ngerangkul anak-anak SMP yang punya niat untuk ikutan perlombaan mata pelajaran eksakta dengan tuan rumahnya SMAKBo.

SOC ini mencakup perlombaan dengan materi yang dilombain MATEMATIKA, FISIKA, KIMIA, dan BIOLOGI.  Tiap tahunnya ada Piala bergilir Walikota yang bisa dibawa pulang sama tim pemenangnya. Sayangnya piala itu lebih tinggi daripada saya. Pialanya aja ditaro dalam kotak kaca, beratlah pokonya. Biasanya, dalam SOC ini, tiap SMP ngirimin putra/i terbaiknya , yang satu timnya terdiri dari 3 orang. Nanti setiap tim ini bakalan ikut persaingan di babak penyisihan, semifinal , dan finalnya. Pesertanya meliputi anak-anak SMP di dalam / luar Kota Bogor.

Saya pribadi agak kagum sama anak-anak SMPnya. They could do the best from themselves. Saya sebagai pembaca soal di babak semifinal dan final aja deg-degan nungguin jawaban apa yang bakal keluar dari mulut anak-anak SMP yang mungkin pengetahuan kimianya belum luas. Tapi mereka bisa kok menjawab pertanyaan, walaupun terkadang harus salah dan dapet pengurangan poin nilai, but I appreciate it really guys. Buat SMPN 1 Bogor, they did it well as the 1st winner.

Hadiahnya, tiket emas masuk SMAKBo. Artinya dengan lolos sampai ke babak semifinal aja, yang terdiri dari 4 tim dalam babak ini untuk diadu dalam lomba cepat tepat, kalian udah dapet kesempatan buat masuk SMAKBo tanpa tes. Wah, andaikan waktu SMP saya ikutan SOC, belum tentu menang juga sih. Nah, kalo udah dapat kesempatan kaya gitu harusnya disyukurin, ya tapi kalau emang punya keputusan lain buat masuk SMA yang udah jadi pilihan ya, take your own choice, Tapi setidaknya, SOC ini membuka kesempatan buat anak-anak SMP yang punya niat masuk SMAKBo, apalagi tanpa jalur tes. Asalkan, jangan iseng-iseng aja mau masuk sini, nanti kalau gag cocok, ngejalaninnya  jadi penuh dukacita. Your choice effects what you are going to be.

dari kiri : Mukti Santoso (ketua PP), Akbar Haryo (ketua SOC 2010), Julian Angelia (koordinator soal) dalam technical meeting

Nah, buat ngomongin soal panitia, we did it well enough guys. Setidaknya sesuai dengan harapan kita, namanya juga berorganisasi pasti ada suka dukanya. Tapi satu hal yang saya petik dari kegiatan berorganisasi ini, adalah bagaimana kita bisa belajar bertanggung jawab terhadap tugas kita masing-masing dan gimana bisa saling ngingetin satu sama lain dan menjadi peka terhadap hal-hal yang terjadi di sekeliling kita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s