Kunjungan Industri – 1st Industrial Visit : PT.Merck

Apa aja sih yang biasa dilakuin anak SMAKBo? Yah, saya gag bakal ceritaain semuanya, yang ini yang berdasarkan pengalaman saya sama temen-temen kelas 10-5 dan 10-6 SMAKBo angkatan 54.

Nah, waktu saya nulis ini, saya udah mau lulus kelas 2. Mungkin bagi anak-anak yang tau saya dan sekelas dengan saya gak asing sama cerita ini, tapi gag apa apa, saya tetep pertahanin, I’d like to share what I like to share.

Kunjungan Industri? Gimana tuh? Yang jelas dari katanya aja udah ketauan artinya melakukan sebuah kunjungan ke Industri. Nah, untuk kelas RSBI di SMAKBo, ada hal khusus, yang pengalaman ini  gag didapet untuk kelas reguler. Yaa, KUNJUNGAN INDUSRTI atau Industrial Visit. Waktu kunjungan industri yang pertama, yang pasti saya amat norak menanggapi hal ini, ya iyalah, kan gag pernah terjun langsung ngamatin dunia industri tuh gimana, lab kimia yang bener tuh kaya apa. Kunjungan industri yang pertama kali dalam hidup saya ini adalah ke PT.MERCK. MERCK? Apaan tuh?

Merck merupakan perusahaan farmasi dan bahan kimia tertua di dunia. Grup Merck memperkerjakan sekitar 33.000 karyawan di 61 negara dan beroperasi di bidang farmasi (obat-obatan peresepan dan obat bebas) dan bahan kimia/Chemicals(kristal cair dan produk performa serta pengetahuan kehidupan).

Di Indonesia, PT Merck Tbk merupakan pemain utama di bidang farmasi maupun kimia. Dalam bidang farmasi, perusahaan memproduksi dan memasarkan produk obat yang terdaftar serta produk pengobatan pribadi; diantaranya terdapat beberapa nama terkenal seperti Sangobion® dan Neurobion®. Dalam bidang bahan kimia, PT Merck Tbk memasarkan bahan kimia khusus, seperti bahan kimia dan peralatan untuk penggunaan laboratorium serta zat warna untuk plastik, bahan pelapis dan kosmetik.

PT Merck Tbk memperkerjakan sekitar 800 karyawan di seluruh Indonesia. Kantornya, serta fasilitas produksi yang bersertifikat GMP, berlokasi di Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Nah itulah gambaran seputar Merck.

Kunjungan industri pertama kita itu tanggal 12Mei 2009. Sekitar 56 orang ikut dalam kunjungan industri ini ditambah dengan 2 Ibu pembimbing kita yang cantik-cantik, Ibu Dwika dan Ibu Yuyun.

Pertama sampai di sana, kami langsung masuk ke dalam sebuah ruangan. Di sana kami dapet merchendise dari Merck. Awalnya kami diperkenalin dengan profil PT.Merck Indonesia, mulai dari sejarah perusahaan sampai akhirnya jadi perusahaan besar di Indonesia.

Nah, setelah ngedengerin perkenalan itu kami kemudian lanjut buat ngunjungin langsung laboratorium kimia di PT. Merck. Absolutely different with my school’s labs. Labnya bersih banget, para pekerjanya juga semua steril masuk ke sana. Sayangnya kita gag boleh masuk langsung ke dalam ruangan kerja, jadi cuma bisa ngeliat dari luar ruangan aja.

Dengan adanya kunjungan industri kaya gini jadi makin pengen belajar yang setekun-tekunnya biar bisa lulus terus kerja di laboratorium kimia, jadi analis kimia.

Foto bareng di MERCK 10-5 dan 10-6 SMAKBo 54 (Negatron Chevalier)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s